Senin, 12 November 2018

Pengenalan SCADA

1. Apakah itu SCADA?...
    Kepanjangan SCADA adalah:
    • S                        => Supervisory                         => Pengawasan
    • C                       => Control                                 => Pengendalian
    • ADA                   => And Data Acquisition         => Akuisisi Data
   Sehingga secara istilah dapat diartikan " Sistem yang dapat melakukan pengawasan,pengendalian dan akuisisi data terhadap sebuah plant". Sedangkan menurut NIST (National Institute of Standars and Technology) "Sistem terdistribusi yang digunakan untuk mengendalikan aset-aset yang tersebar secara geografis, sering terpisah ribuan kilometer persegi, dimana kontrol dan akuisisi data berpusat sangat penting bagi operasi sistem". Sistem SCADA banyak digunakan pada sistem terdistribusi seperti :Water distribution and wastewater collection system, oil and gas pipelines, electrical power grids, dan railway transportation systems.

2. Sejarah SCADA
  • SCADA Primitif
          Sistem SCADA yang "primitif" sebenarnya telah digunakan oleh industri selama ini. Dengan hanya mengandalkan indikator-indikator sederhana seperti lampu, meter analog, dan alarm suara (buzzer)  seorang operator sudah dapat melakukan pengawasan terhadap mesin-mesin.
  • SCADA Modern
          Sistem ini menggunakan komputer untuk menampilkan status dari sensor dan aktuator dalam suatu plant, menmapilkannya dalam bentuk grafik, menyimpannya dalam data - base, bahkan menampilkannya melalui situs web.
3. Arsitektur Sistem SCADA

Operator Human Machine Interface (HMI) Master Terminal Unit (MTU) Comunication System Remot Terminal Unit (RTU) Comunication System Field Device.
4. Jenis-jenis SCADA
  • SCADA Dasar
          SCADA dasar ini umumnya hanya terdiri dari 1 buah RTU/PLC saja yang digunakan untuk mengendalikan suatu plant dengan berbagai field devices.
  • Integrated SCADA
           Sistem ini terdiri dari beberapa PLC/RTU yang terhubung dengan beberapa Distributed Control System (DCS), namun hanya menggunakan 1 MTU. MTU ini dapat terhubung  dengan komputer lain melalui LAN, WAN ataupun internet.
  • Network SCADA
          Sistem ini memiliki lebih dari 1 MTU yang saling terhubung. Ada 1 MTU pusat sebagai koordinator dari sistem-sistem yang lain.
Nah sekian dulu tentang SCADA ya... Berikutnya akan ada postingan salah satu software yang biasa digunakan untuk sistem SCADA. See you.... Wonderware InTouch.



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More